CLOCK

Download WHAFF Rewards

WHAFF REWARDS https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whaff.whaffapp put the invitation code : [ DG76105 ] and get $0.30!!!

Sabtu, 26 Februari 2011

Perlukah Kita Mengkonsumsi Suplemen Makanan ?


Dua tahun yang lalu atau pada akhir tahun 2008, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) pernah mengeluarkan public warning dan menarik tak kurang dari 20 produk suplemen makanan dan obat tradisional yang diduga mengandung bahan kimia aktif. Kabar ini sempat membuat heboh dan menjadikan masyarakat khawatir terhadap berbagai jenis suplemen yang belakangan marak beredar di tengah masyarakat.

Banyaknya jenis suplemen yang dijual bebas, memang tidak mudah untuk memilih. Manfaat dan kegunaannya pun sangat beragam dengan kandungan yang sangat bervariasi.
Ada suplemen yang khusus hanya mengandung vitamin C dosis tinggi, ada pula suplemen khusus untuk menjaga kecantikan wanita, hingga suplemen untuk meningkatkan stamina pria.

Faktor Bisnis

Perlukah kita mengkonsumsi suplemen makanan ? Tak sedikit pertanyaan semacam ini muncul dari masyarakat yang belum mengetahui kegunaan suplemen.

Namanya juga suplemen atau pelengkap, tentunya tak diperlukan kalau konsumsi makanan dan asupan gizi kita sudah cukup. Apalagi kalau kita sudah menerapkan makanan gizi seimbang dengan pola 4 sehat 5 sempurna, tambahan suplemen sama sekali tak ada manfaatnya.

Banyaknya jenis suplemen yang beredar saat ini, sebenarnya lebih didorong oleh besar peluang bisnis yang timbul dari perubahan pola hidup modern. Semakin tingginya dinamika hidup dengan beragam tekanan pekerjaan, menyebabkan orang menjadi kurang berolah raga dan kurang memperhatikan asupan makanannya.

Akibatnya kebutuhan gizi untuk tubuh pun kurang. Karena itulah suplemen makanan diperlukan untuk memenuhi dan melengkapi kekurangan asupan gizinya. 

Meskipun demikian, tambahan suplemen tidak boleh dikonsumsi sembarangan dan berlebihan karena dapat memberikan efek jangka panjang yang kurang baik untuk tubuh.  

Pemahaman masyarakat terhadap manfaat maupun pentingnya suplemen harus diberikan secara proporsional. Para produsen suplemen bertanggung jawab terhadap keseimbangan informasi yang ditampilkan melalui iklan-iklannya.

Fungsi Tubuh

Tubuh, secara alami, sebenarnya sudah memiliki mekanisme dan sistem imunisasi sendiri yang cukup canggih. Bahkan tubuh pun dapat mengeluarkan dan menghasilkan berbagai zat yang dibutuhkan suatu jaringan tubuh yang mengalami serangan dari luar.

Pada sisi lain, untuk mencukupi kebutuhan gizinya, tubuh juga membutuhkan asupan makanan dari luar. Dalam hubungan ini, buah-buahan dan sayuran merupakan sumber mineral dan protein yang penting untuk tubuh.

Sebenarnya dengan mengkonsumsi makanan, sayuran, maupun buah-buahan yang penuh gizi, kita tidak perlu mengkonsumsi suplemen makanan. Asupan gizi yang berlebihan justru tidak baik untuk tubuh dan dapat menimbulkan defisiensi gizi.

Over gizi tidak lebih baik kondisinya dari pada kekurangan gizi.  Bahkan kedua kondisi ini dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan memudahkan penyakit untuk menyerang. 

Yang justru lebih penting diperhatikan adalah keseimbangan tubuh terhadap kebutuhan gizinya. Untuk itu sebelum mengkonsumsi suatu jenis suplemen makanan tertentu, seandainya memang perlu sekali, terlebih dahulu kita harus mengenal tubuh kita secara baik. Apakah benar kita membutuhkan tambahan asupan gizi.

Selain itu, kalau kita sudah cukup mengkonsumsi buah-buahan ataupun sayuran yang lebih alami, mengapa kita mencari produk buatan pabrik ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar